Peralatan Penting QC. Inspector

Peralatan Penting QC. Inspector
Salam Jumpa lagi di blog garment dan furniture semoga kita semua sehat selalu kita akan bahas yaitu Peralatan- Peralatan Penting QC.Inspector yang sudah umum dan sering dipakai dalam industri garment, furniture, boneka, electric seorang  QC. Inspector harus mempunyai atau harus memiliki  agar bisa melakukan tugas dengan baik.

MOISTURE CONTENT (MC. METER)
Adalah sebuah alat uji yang berbentuk Analog atau Digital  dan berfungsi untuk mengukur kandungan kadar air atau tinggkat kekeringan suatu benda juga dapat menghitung suatu kelembaban  dalam segala kondisi dari hasil pengukuran tersebut maka dapat di ketahui apakan bahan tersebut sudah bisa di pakai atau masih memerlukan proses selanjutnya, umumnya QC. Inspector sudah paham dengan alat ini dan sering di pakai pada inspection furniture, wood, rattan,  QC. Inspector furniture harus mengetahui batasan yang di perbolehkan kelembaban pada furniture atau wood biasanya batasan kelembaban MC antara 8% - 12% (Tergantung permintaan dari Buyer/client)
MOISTURE CONTENT (MC. METER)
GRAY SCALE
Grey scale merupakan Standar warna yang gigunakan dalam penilaian atau tingkatan perubahan warna dalam suatu pengujian tahan luntur warna atau pengujian warna belang dalam produk garmen 
Nilai Gray scale menentukan tingkat perbedaan warna atau kontrasnya warna, gelap atau terang nya warna hingga tingkatan tinggi.
Skala Gray scale untuk mengevaluasi warna belang pada baju, kaos atau garmen lainnya gray scale memiliki nilai 1 sampai dengan 5 dan meningkat 1, 1 1/2, 2, 21/2 dan setrusnya yang tertinggi adalah angka 5 biasa nya yang dapat di terima client/buyer diantara nilai 3 - 4 tapi tergatung dari permintaan masing-masing buyer/client.
GRAY SCALE
PULL TEST
Adalah alat pengujian kekuatan tarik biasanya digunakan pada industri garmen dan boneka, untuk menguji kekuatan tarik pada sambungan/seam, untuk menguji kekuatan pada mata boneka, label pada boneka serta asesorisnya karna dalam industri boneka untuk bagian yang harus di test/di uji kekuatan tarik ini sangat penting dan menyatakan CRITICAL POINT jika kekuatan tarik tersebut dengan hasil gagal/failed dan dapat membahayakan pengguna yang masih kecil atau baby antara umur 6 bulan sampai 3 tahun.
Pada industri garmen pull test /kekuatan tarik digunakan pada bagian kancing/button dan sambungan/seam sangat di anjurkan pada produk garment antara umur 6 bulan sampai 3 tahun karna untuk SAFETY  dan jika test uji kekuatan tarik itu gagal maka hasil nya akan failed atau CRITICAL POINT jika untuk produk baby dan anak-anak sampai dengan usia 2 tahun untuk uji kekuatan tarik umumnya sudah menggunakan standar Internasional pada tingkat kekuatan yang akan di terapkan dan badan pemerintah tertentu seperti komisi produk keamanan konsumen AS (CPSC) pengamanan pada asesoris bayi/baby terutama pada bagian-bagian terkecil yang bisa membahayakan baby/bayi.
alat pull test
ALAT UKUR METERAN
Meteran tentunya sudah tidak asing lagi karna kita sering menjumpai apa lagi yang kerja di bagian QC. garmen pasti sudah mengetahui cara ukur atau bisa di klik ini CARA UKUR GARMEN dan juga untuk QC. di industri furniture juga pasti sudah paham cara menggunakan meterang alat meteran sangat sederhana tapi banyak manfaat nya dan QC. Inspector menggunakan alat ukur untuk mengukur dimensi karton, dimensi produk dan ketinggian drop test dalam meteran ada satuan yaitu centi meter dan inch, tergantung permintaan dari client/buyer dia mau pakai satuannya.
meteran
TICKNESS
Adalah alat untuk menguji ketebalan suatu material/benda tickness ada yang berupa digital dan analog umumnya bisanya di industri garmen dipakai untuk mengukur ketebalan polybag/plastik dan cara kerjanya tidak sulit hanya menjepitkan sebuah benda maka nilai ketebalan nya akan muncul biasanya satuan yang dipakai adalah mili meter.
tickness
SCAN
Yaitu alat untuk membaca barcode dibidang industri garmen umumnya barcode berada di karton atau di price ticket/ hangtag dan untuk QC.Inspector umumnya memeriksa barcode dengan scaner dan menyamakan hasil dari scaner tersebut apakan angka yang berada di barcode sudah sama dengan hasil yang di scanner, scan ini sudah banyak aplikasi di android jd QC.Inspector umum nya sudah install scan untuk melancarkan pekerjaan nya.
scan barcode
TIMBANGAN
Setiap industri sudah memiliki timbangan untuk digunakan menimbang bermacam-macam produk pada industri furniture biasanya QC.Inspector akan menimbang karton dan produk yang akan di samakan berat karton atau produk apakah sudah sesuai dengan permintaan buyer/client atau QC. File dan data sheetnya dan jangan lupa untuik QC. Inspector sebelum melakuakn penimbangan harus di lihat/periksa kalibrasinya apakah masih berlaku kalibrasinya atau sudah lewat masa kalibrasinya
alat timbangan
PANTONE COLOR
Adalah system warna yang di keluarkan oleh pantone dan jenis warna pantone ada 2 macam yaitu jenis warna spot dan warna proses, untuk warna sport yaitu warna yang sudah begitu jadinya bukan campuran dari warna lain magenta, yellow, black, sedangkan warna proses cmyk keunggulan warna spot lebih stabil.
Warna Pantone terbagi 2 jenis yaitu:
Pantone Coated (C) adalah warna pantone yang di cetak pada kertas coat atau kertas yang dilapisi coating sebelum di cetak sehingga daya serap kertas bisa rendah sekali.
Pantone uncoat (U) dalah warna pantone yang di cetak pada kertas uncoat atau kertas yang tidak ada lapisannya sebelum di cetak sehingga daya serap kertas itu sangat tinggi 
pantone color
Demikianlah peralatan-peralatan yang mendukung QC. Inspector agar dapat melakukan tugas pekerjaan dengan baik dan lancar.

Jangan dilewatkan Artikel ini:

0 Response to "Peralatan Penting QC. Inspector"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ke blog garment dan furniture smoga bermanfaat..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel