Cara Pakai Moisture Content (MC. Meter)

Cara Pakai Moisture Content (MC. Meter)
Salam Sejahterah sobat-sobat semoga sehat selalu kita bertemu lagi di blog garment dan furniture kali ini kita akan bahas Cara Menggunakan Moisture Content (MC. Meter) yang kita pakai pada produk furniture atau pada wood
Moisture Content (MC): Merupakan salah satu peralatan atau instrument yang dipakai untuk mengukur jumlah kandungan air yang terdapat pada suatu benda alat tersebut juga bisa mngukur tingkat kelembabpan suatu zat dan hasilnya bisa diketahui apakan barang tersebut bisa digunakan atau tidak, kadar air dapat berpengaruh pada sifat fisik suatu benda, sifat fisik yang dapat berubah pada beberapa material yang akan di gunakan.
Seperti diketahui ada beberapa macam Moisture Content (MC. Meter) yaitu ada MC. Meter analog dengan jarum dan MC. Meter Digital dengan sensor berikut ada beberapa tips dalam pemakaian Moisture Content (MC. Meter) sehingga mendapatkan nilai yang akurat.

Menggunakan Moisture Content (MC. Meter) tidak semudah dan sesederhana impementasi pengetahuan tentang jenis kayu, kepadatan kayu dan kontruksi furniture akan sangat membantu akurasi hasil daripada pengukuran.
  • Pilih jenis yang tepat Moisture Content (MC. Meter) untuk jenis produk atau proses Jenis Jarum tusukan adalah yang paling akurat tapi mempunyai kelemahan meninggalkan bekas lubang pada produk permukaan kayu furniture.
  • Untuk menghindari ini pilih komponen permukaan produk yang tersembunyi pada saat pengukuran  sehingga tanda tusukan dari MC. meter titdak terlihat
  • Lakukan pengukuran di beberapa komponen agar bisa kita rata hasil persentase kelembaban yang lebih akurat
  • Lakukan pengukuran yang lebih sering dan akurat selama proses produksi dari pada sudah masuk ke proses finishing.
  • Bila menggunakan jenis MC jarum atau tusuk arahkan posisi dua jarum ke serat agrr mendapat hasil pengukuran yang baik dan akurat
  • Bila menggunakan jenis MC digital lakukanlah dengan garis lurus tidak bengkok atau melengkung
  • Masukan Jarum MC meter sedalam mungkin
  • Perhatkan kepadatan kayu dalam jenis tertentu jika menggunakan MC digital alat harus di sesuaikan dengan kepadatan kayu biasanya sampai dengan 4 tingkat pengukuran.
  • Pilih komponen-komponen yang mau diukur/dicek dan pilih komponen yang tebal biasanya mempunya tingkat MC yang lebih tinggi.
  • Pastikan baterai dalam kondisi full
Jenis-jenis Moisture Content (MC. Meter) 
 Moisture Content (MC. Meter)
 Moisture Content (MC. Meter)

 Moisture Content (MC. Meter)
 Moisture Content (MC. Meter)
Kelembaban air biasanya dipantau oleh beberapa alat ini moisture content digunakan untuk mengukur jumlah air didalam kayu sehingga tukang kayu dapat menentukan apakan bisa di proses selanjutnya atau masih di keringkan lagi. karna bila kelembaban air dalam kayu tidak sesuai dengan prosedur makan kayu tersebut akan mengalamai Cracking/ retak, pecah.
Biasanya dalam melakukan pengukuran MC. meter di lakukan 3 titik lokasi per produk dan untuk mengambil rata-rata = (A + B + C )/3

Moisture Content (MC. Meter) Untuk produk Indoor: 7 % - 12%
Moisture Content (MC. Meter) Untuk produk out door: 8 % - 16 %
********) tapi biasanya tergantung permintaan buyer/client (*********

Jangan dilewatkan Artikel ini:



0 Response to "Cara Pakai Moisture Content (MC. Meter)"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ke blog garment dan furniture smoga bermanfaat..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel