Fungsi Needle Detector Pada Industri Garment

Fungsi Needle Detector Pada Industri Garment
Salam sejahterah sobat semua semoga kita sehat selalu kita jumpa lagi di blog garment dan furniture kali ini kita akan membahas Fungsi Needle Detector Pada Industri Garment apa sih mesin Needle Detector/metal detector dan kenapa semua produk garment harus melewati mesin Needle Detector/metal detector fungsinya untuk apa? dan bagaimana cara memakai mesin Needle Detector.
Pada Industri Garmen peran inspeksi akhir menjadi paling penting untuk menjaga mutu/kualitas dari hasil produksi umumnya di bagian produk finishing menuju packing untuk mencapai safety produk dan jika menemukan patahan jarum yang sangat kecil akan membahayakan konsumen yang akan menggunakan jika konsumen memakai baju, celana dan terluka ini akan menjadi big issue yang nantinya produk akan di kembalikan.
Oleh karna itu untuk mencegah lolos nya patahan jarum ini kita menggunakan mesin Needle Detector/metal detector mesin Needle Detector.Pada Industri Garmen memiliki prinsip kerja magnetic induction yaitu menggunakan system sensor magnetic induction yang mana dapat mendeteksi ada nya unsur-unsur logam yang masuk kedalam garmen kemampuan mesin Needle Detector/metal detector dapat mendeteksi logam mulai dari ukuran: 0.8mm, 1.2mm, 1.5mm.
Mesin Needle Detector Pada Industri Garmen umum nya mempunyai alaram jika mendeteksi unsur logam pada baju, celana dan mesin akan otomatis berhenti juga alaram akan berbunyi.

Cara  setting mesin Needle Detector Pada Industri Garment:

  • Mesin Needle Detector/metal detector logam harus di install sesuai dengan permintaan buyer/pembeli.
  • Staf yang di tunjuk harus di training/dilatih oleh personil pabrik sebelum mengoprasikan mesin dan hanya staf yang berwenang yang boleh menggunakan mesin Needle Detector/metal detector 
  • Semua produk harus melewati mesin Needle Detector/metal detector sebelum proses ke finishing dan packing.
  • Semua produk harus di record di catatan yang sudah melalui mesin Needle Detector/metal detector.
  • Catatan harus di simpan untuk semua batch, style, PO dan item yang sudah melalui mesin Needle Detector/metal detector.
  • Jika produk ada yang terkontaminas/terdeteksi unsur logam ditemukan produk ini harus di isolasi dan di proses investigasi.
Needle Detector garmen
hand metal detector
boneka metal detector
Mesin Needle Detector Pada Industri Garment merupakan bagian yang mempunyai peran penting dan perlindungan produk sekarang menjadi persyaratan menjamin kualitas dan mutu yang baik dan penting bagi produsen untuk pemasok nama merek-merek terkemuka/terkenal digerai retail seluruh dunia, penggunaan peralatan Metal detector/Needle Detector untuk memastikan bahwa semua produk aman dan bebas dari zat kontaminasi dari unsur logam, ini pertimbangan yang sangat penting bagi produsen, publisitas buruk, tindakan hukum dan kerugian keuangan dapat terjadi jika pelanggan terluka oleh ujung jarum/patahan jarum,staples atau kontaminan besi,logam lainnya yang tersisa didalam produk dan secara luas digunakan dalam industri garment untuk mengindentifikasi patahan jarum dan staples atau unsur logam, besi lainnya.
CARA KALIBRASI MESIN NEEDLE DETECTOR/METAL DETECTOR:
Biasanya dalam setiap hari  mesin needle detector di kalibrasi untuk memastikan alat/mesin ini  berjalan dengan baik dan tidak ada kendala metode kalibrasi adalah dengan menggunakan kartu logam 1.2mm yang di tempatkan di sebelah kiri, tengah dan sebalah kanan yaitu untuk mengetahui sensitivitas alat untuk logam.

kartu 1.2mm kalibrasi metal detektor

PROSEDUR  KALIBRASI PADA MSEIN METAL DETECTOR:
  • Melakukan Pemeriksaan 9 titik kalibrasi pada mesin detector dengan membagi metal detector conveyor belt menjadi 3 zone.
  • Kartu kalibrasi di sediakan oleh vendor mesin dan harus dilalui melalui masing-masing zone ini pada 3 tinggkat ketinggian yang berbeda.
  • Sensitivitas detector harus di tentukan/di tetapkan pada tingkatan yang kurang dari kebutuhan pelanggan (0.8mm, 1mm, 1.2mm, 1.5mm dll)
  • Kartu kalibrasi harus di tempatkan pada conveyor belt dan melewati setiap 9 zone pembacaan untuk di rekam/di catat pada 9 titik (A1, sampai dengan A9) pada laporan kalibrasi sperti gambar di bawah ini

0 Response to "Fungsi Needle Detector Pada Industri Garment"

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ke blog garment dan furniture smoga bermanfaat..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel